Minggu, 28 April 2013

MORFOLOGI BUNGA RUMPUT


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
Indonesia adalah Negara beriklim tropis yang mempunyai dua musim yaitu musim hujan dan musim panas. Dengan ada dua musim tersebut sangat mempengaruhi terhadap keragaman mahluk hidup maupun tumbuhan.
Tubuhan juga terbagi dua yaitu tumbuhan yang besar dan berkayu dan ada juga tumbuhan tidak berkayu dan tidak keras contoh nya seperti rumpu-rumpu.
Rumput adalah suatu tumbuhan yang hidup di permukaan bumi, mempunyai banyak keragaman dan sebagian besar dari tumbuhan tersebut sanagat di butuhkan oleh ternak ruminansia dan non ruminansia.
Selain bermanfaat untuk pakan ternak,tumbuhan rumput yang hidup di permukaan bumi sebagai alat pembantu daur ulang karbondioksida menjadi oksigen kembali dang sangat banyak manfaat yang lain nya.
1.2.Tujuan
1.      Untuk mengetahui morfologi bunga rumput
2.      Untuk mengetahui macam-macam rumput
3.      Untuk mengetahui klas,ordo dari rumput tersebut
4.      Untuk mengetahui manfaat rumput secara umum
5.      Secara umum untuk menambah ilmu pengtahuan





BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Morfologi bunga rumput
a. Rumput Sambau
frames
Alam:
Divisi:
Kelas:
Order:
Famili:
Genus:
Spesies:
E. indica



            Rumput Sambau merupakan sejenis rumput tahunan yang berasal daripada
famili Gramineae. Rekod awal menunjukkan spesies ini mungkin berasal dari negara seperti China, India, Jepun, Malaysia, dan Tahiti. Nama tempatan spesies ini berbeza-beza mengikut negara. Di Malaysia, spesies ini dikenali sebagai rumput sambau, rumput kaki angsa atau gelang sambau, di Jepun ohishiba, goosegrass di Amerika Syarikat, crowfoot grass di Australia, dan kodai di India (Holm et al. 1997). Nama saintifiknya Eleusine indica.
Setiap pokok dilaporkan dapat menghasilkan kira-kira 50,000-135,000 biji dalam satu musim di kawasan penanaman padi bukit tinggi (Soerjani et al. 1987).
Taburan dan habitat
Rumput ini tumbuh di kawasan pertanian di bahagian selatan Asia dan Pulau-pulau Pasifik, bahagian timur dan selatan Afrika dan bahagian utara Amerika Latin (Rajah). Rumput ini biasanya hidup biak secara meluas di negara-negara tropika. Namun, oleh kerana sifat rumput ini mempunyai sifat toleransi yang luas terhadap perubahan keadaan persekitaran, maka spesies ini juga ditemui di kawasan subtropika dan kawasan beriklim sederhana (Holm et al. 1997). Rumput ini dapat tumbuh dengan baik di kawasan lapang seperti tanah yang terbiar, kawasan pertanian, dan kawasan di tepi jalan. (Soerjani et al. 1987).
Morfologi
Rumput ini mempunyai batang yang lembut, licin, liat, dan bercabang, dengan ketinggian sebanyak 5-60 sentimeter. Daunnya berwarna hijau kebiruan, berkilat, dan rimbun di pangkal; lamina daunnya 5-20 sm panjangnya dan sempit; bulu halus bertaburan di permukaan atas dan bawah daun; perantaraan daun dan upih daun berambut halus pada bahagian pinggir.
Jambak bunga terdiri daripada satu hingga enam spika. Anak spika tersusun dalam dua barisan dan terlekat berselang-seli pada satu paksi; dwiseks, stigma berbulu dan berwarna ungu, terdapat 3-5 floret yang dilindungi oleh kelopak sekam yang berwarna putih malap. Biji berwarna perang kemerahan atau hitam, berbentuk oblong-ovat dan berbatas (Soerjani et al. 1987; Ahmad 1988).
b. Rumput Mutiara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2xNn-CpBbtIxnwuLc2MBVMDXINvxlqQXT94XQm4uXGD3A6pp5Hie5Hd3BQ7NLXFhdsx-T0yBdkssaswfWm1EpnpSahMVegOUR5QvFzW4S-9sdS0Q1UZeBD7RhB8MHiD4CV_x5-8wmgtk/s400/Post+Rumput+Mutiara.JPG 
Nama Daerah: Rumput siku-siku, daun mutiara, atau katepan.

Morfologi Rumput Mutiara:
Rumput mutiara biasa tumbuh rindang secara berserak, agak lemah, tinggi 15 – 50 cm, biasanya tumbuh subur pada tanah lembab di sisi-sisi jalan, pinggir selokan, atau sudut-sudut pagar tembok. Mempunyai banyak percabangan, batang bersegi, daun berhadapan bersilang, tangkal daun pendek/hampir duduk, panjang daun 2 – 5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah. Pada tiap ujung daun memiliki rambut yang pendek. Mempunyai bunga yang tumbuh ke luar dari ketiak daun, bentuknya seperti payung berwarna putih, berupa bunga majemuk 2-5 bunga dalam satu tangkai bunga, tangkai bunga (induk) keras seperti kawat, panjangnya 5 - 10 mm. Buah bulat, ujungnya pecah-pecah. Rumput Mutiara memiliki kesamaan khasiat seperti Hedyotis Diffusa Willd (Rumput lidah ular)

Klasifikasi Tumbuhan: Divisi : Spermatophyta Sub Divisi : Angiospermae Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Rubiales Famili : Rubiaceae Genus : Hedyotis Spesies : Hedyotis corymbosa L. atau Oldenlandia corymbosa

c. Rumput Israel
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQMgV_29TLVZ9rjrmjLc503Esg2cebcWEYfCpkr1ZdLYVGvTgyjqWHasPQnAsZhqlVIVhiSF6GMLaITzOu5DAu8kkLbGWjjbe4aMHpMeFRRcbf0fzNp-b5F5UzLWRWjV9uXfjWewgH8zo/s320/rumputisrael.jpg
Kerajaan:
Famili:
Genus:
Spesies:
F. vulgare

Foeniculum vulgare
Asystasia Gangetica L.
Rumput Israel merupakan tumbuhan yang banyak terdapat di tepi-tepi jalan, belukar dan ladang. Rumput ini dianggap sebagai rumput perusak utama di ladang-ladang getah dan kelapa sawit di Nusantara. Di bidang penternakan ini dapat dijadikan makanan binatang ternak terutamanya lembu, kambing dan biri-biri. Selain itu ia juga boleh dijadi obat-obatan dalam pengobatan tradisional.
Daunnya nipis seperti kangkung, dengan urat daunnya yang berselang seli tetapi ada yang bertemu urat. Batangnya lembut berwarna hitam dan berair. Habitatnya menjalar dan menguasai tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitarnya
http://antonsutrisno.webs.com/photos/Cynodon_dactylon.jpg
Klasifikasi
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom   : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas        : Commelinidae
Ordo                : Poales
Famili              : Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus              : Cynodon
Spesies            : Cynodon dactylon (L.) Pers.

       Merupakan rumput tahunan, membentuk tikar tebal dengan cara stolons dan rimpang (Gibbs Russell et al. 1991). The batang (batang) berakar pada node yang lebih rendah. Bilah daun diratakan dengan ujung yang tajam, dan berbulu atau berbulu (berbulu). Selubung daun bulat dan berbulu; ligula memiliki cincin rambut atau membran pendek. Perbungaan terdiri dari 3-7 ramping panjang hingga 60 mm. Berbunga waktu dari bulan Maret sampai September.
Habitat
       Cynodon dactylon terdapat pada hampir semua jenis tanah terutama pada tanah yang subur, misalnya tanah liat. Hal ini umum di daerah seperti kebun, pinggir jalan, overgrazed, daerah diinjak-injak, tanah digarap, daerah dengan tingkat tinggi nitrogen, dan sering ditemukan di situs lembab di sepanjang sungai. Sangat cocok untuk budidaya pada kondisi lahan kering.

2.2. Nama-nama  rumput
a. Rumput Gajah (Pennisetum purpureum)
Rumput Gajah ( Pennisctum purpureum) atau disebut juga rumput napier, merupakan salah satu jenis hijauan pakan ternak yang berkualitas dan disukai ternak. Rumput gajah dapat hidup diberbagai tempat (0 – 3000 dpl), tahan lindungan, respon terhadap pemupukan, serta enghendaki tingkat kesuburan tanah yang tinggi.
Rumput gajah tumbuh merumpun dengan perakaran serabut yang kompak, dan terus enghasilkan anakan apabila dipangkas secara teratur.
Pada lahan tumpang sari, rumput gajah dapat ditanam pada guludan-guludan sebagai pencegah
longsor akibat erosi.
Morfologi rumput gajah yang rimbun, dapat mencapai tinggi lebih dari 2 meter sehingga dapat berperan sebagai penangkal angin (wind break) terhadap tanaman utama.
Rumput gajah dibudidayakan dengan potongan batang (stek) atau sobekan rumpun (pous) sebagai bibit. Bahan stek berasal dari batang yang sehat dan tua, dengan panjang stek 20 – 25 cm (2 – 3 ruas atau paling sedikit 2 buku atau mata). Pemotongan pada waktu penanaman ruas mata dapat Untuk bibit yang berasal dari sobekan rumpun/ anakan (pous) sebaiknya berasal dari
rumpun yang sehat, banyak mengandung akar dan calon anakan baru. Sebelum penanaman bagian vegetatif dari sobekan rumpun dipangkas terlebih dahulu untuk menghindari penguapan yang tinggi sebelum sistem perakaran dapat aktif menghisap air.
b. Rumput Jarum
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3gZdgoqHsE8HoJ0MbCizoCpnvem6ikytUPJEOID2y1KX9aHVYfhwWx3HbgU2EHItl9IV7wygiOdj_wzS5RAq3wvBFKRKejsx2abU6ZxDi4wYLliuK_LTSSlykezUPFsrHqRzkYiJl37g/s320/DSC08031.JPG

Rumput jarum mas (Andropogon aciculatus), rumput jenis ini terdapat di kawasan yang rumputnya tidak tebal dan tanahnya tidak banyak kandungan humus atau tanah yang sedikit keras. Rumput ini mempunyai tinggi 3 - 5 cm, jika di bawah sinar matahari dan 10 - 15 cm bila ada di tempat yang teduh.
Nama umum Indonesia:Rumput jarum, domdoman Pilipina:Amor-seco
Klasifikasi Kingdom: Plantae (tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh) Superdivisio: Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub-kelas: Commelinidae Ordo: Poales
Familia: Poaceae (suku rumput-rumputan) Genus: Andropogon Spesies: Andropogon aciculatus
 Kerabat dekat: Akar wangi, Palmarosa, sere.
Rumput jarum mas ini ada tiga jenis yaitu yang bunganya berwarna kuning, merah, dan putih. Dan asal mula disebut rumput jarum mas karena rumput jarum yang berwarna kuning yang paling banyak ditemui. Adapun kegunaan rumput ini antara lain cepat mengembalikan stamina bagi ibu yang baru bersalin, mengembalikan kesehatan rahim, melancarkan darah haid, keputihan, dan sakit urat. yaitu dengan cara ambil rumput 4 - 5 batang, kemudian rebus dengan air 1.5 liter. dan minum 2 gelas sehari. Pastikan tidak terlalu banyak batang rumput yang direbus karena bisa membuat kita mual, badan panas dan pusing


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiconKLcw0TP38LKUSs83qkO-qWk7xIn-O2j_6Q2ZLzCnjhr4ASNeFj3hvmh6JwUUktGqvN4ru3lqx4Nb0fZTy4ccpn34sOG2_GK1VBHlWy6iNicLgrDITYSIOzGwT1Krz26zqIflan8Nc/s200/cyperus-rotundus.jpg
Rumput teki tumbuh liar di tempat terbuka atau sfikit terlindung dari sinar matahari seperti di tanah kosong, tegalan, lapangan rumput, dipinggir jalan atau di lahan pertanian. Tumbuhan ini terdapat pada ketinggian 2-3000 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini secgai gulma yang susah diberantas. (http://wong168.wordpress.com).

Klasifikasi rumput teki (Cyperus rotundus L.)
Kingdom : Plantae
Superdivisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Cyperales
Famili : Cyperaceae
Genus : Cyperus
Spesies : Cyperus rotundus L.



BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Rumput Sambau merupakan sejenis rumput tahunan yang berasal daripada famili Gramineae. Rekod awal menunjukkan spesies ini mungkin berasal dari negara seperti China, India, Jepun, Malaysia, dan Tahiti.
Rumput mutiara biasa tumbuh rindang secara berserak, agak lemah, tinggi 15 – 50 cm, biasanya tumbuh subur pada tanah lembab di sisi-sisi jalan, pinggir selokan, atau sudut-sudut pagar tembok. Mempunyai banyak percabangan, batang bersegi, daun berhadapan bersilang, tangkal daun pendek/hampir duduk, panjang daun 2 – 5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah. Rumput Gajah ( Pennisctum purpureum) atau disebut juga rumput napier, merupakan salah satu jenis hijauan pakan ternak yang berkualitas dan disukai ternak. Rumput gajah dapat hidup diberbagai tempat (0 – 3000 dpl), tahan lindungan, respon terhadap pemupukan, serta enghendaki tingkat kesuburan tanah yang tinggi. Rumput Israel merupakan tumbuhan yang banyak terdapat di tepi-tepi jalan, belukar dan ladang. Rumput ini dianggap sebagai rumput perusak utama di ladang-ladang getah dan kelapa sawit di Nusantara. Di bidang penternakan ini dapat dijadikan makanan binatang ternak terutamanya lembu, kambing dan biri-biri. Selain itu ia juga boleh dijadi obat-obatan dalam pengobatan tradisional
2.2.Saran
Bapak.ibuk dan teman pendengar atau pembaca makalah ini, mohon kritik dan saran yang bersifat membangun makalah ini untuk lebih baik kedepan nya.
Penulis merasa sungguh banyak kekurangan baik dalam penulisan maupun hal lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar